Minggu, 20 November 2011

Chatroulette.com : situs fenomenal?

chatroulette.com , apakah anda pernah dengar website ini? saya juga baru ‘ngeh’ waktu baca2 blog www.tech19.wordpress.com . Disitu dibahas mengenai fenomena chatroulette yang dalam waktu 3 bulan sudah diliput media-media besar di dunia. Luar biasa bukan? Setelah membaca2, mencari di wikipedia, didapat fakta singkat tentang chatroulette.com.

URL : Chatroulette.com
Slogan Welcome to the world of Chatroulette!
Type of site Instant messaging, video chat, stranger chat
Owner : Andrey Ternovskiy
Created by : Andrey Ternovskiy
Launched : November 2009
Alexa rank : 2,172 (world)726 (U.S.)
(as of 30 March 2010 (2010 -03-30)[update])[1]
Revenue Advertising
Current status Active

Chatroulette dibuat oleh Andrey Ternovskiy, seorang siswa SMu dari kota moskow. Dia membuat chatroulette berdasarkan pengalamannya menggunakan Skype bersama temannya. Dia juga mengatakan untuk membuat versi pertama chatroulette dibutuhkan waktu 2 hari 2 malam (what ??). Ternovskiy mengambil nama chatroulette setelah menonton film deer hunter, sebuah film tahun 1978 berseting perang vietnam dimana seorang tawanan dipaksa untuk memainkan russian roulette.

Pada awal November 2009, tak lama setelah situs diluncurkan, chatroulette dikunjungi 500 pengunjung per hari. Satu bulan menjadi 50.000. Pada Februari 2010, situs ini muncul di Good Morning America, Newsnight di Inggris, di The New York Times, New York magazine, dan di The Daily Show with Jon Stewart. Pada bulan itu, ada sekitar 35.000 orang menggunakan Chatroulette . Sekitar awal Maret, situs Ternovskiy diperkirakan memiliki sekitar 1,5 juta pengguna, sekitar 33% dari mereka dari Amerika Serikat dan 5% dari Jerman.

Website ini menggunakan Adobe Flash untuk menampilkan video dan mengakses webcam pengguna. peer-to-peer kemampuan jaringan Flash’s (melalui RTMFP) memungkinkan hampir semua video dan audio streams dengan perjalanan langsung antara komputer pengguna, tanpa menggunakan server bandwidth .

Awalnya,website ini didanai oleh investasi $ 10.000 dari orangtuanya yang segera dibayar kembali. Pada Maret 2010 Ternovskiy menjalankan situs dari kamar masa kecilnya, dibantu oleh empat programmer yang bekerja jarak jauh dan situs yang didukung melalui link iklan untuk layanan kencan online.

Kabarnya, beberapa bulan terakhir ini, chatroulette sudah dikunjungi 30 juta orang atau 500 ribu orang per hari.

Andrey akhirnya diundang ke USA (ia tinggal di Rusia) untuk bertemu beberapa investor yang ingin mencaplok situsnya.

Beberapa sreenshot lucu dari chatRoulette :

Oleh alexa.com situs ini mencatat kenaikan traffik yang sangat fenomenal dari 0 ke 30 juta dalam 3 bulan, itu berarti 12000% lebih kenaikan.


Tidak ada komentar: